Kamis, 17 November 2011

Pesawat tempur Luftwaffe Jerman

Pesawat tempur Luftwaffe Jerman

setelah lapangan udara luftwaffe di afrika utara ini berhasil diduduki pasukan inggris, maka giliran pesawat-pesawat jerman yang masih tertinggal untuk diteliti lebih lanjut. tampak di latar depan sisa-sisa dari heinkel he 111 dan di tengah adalah messerschmitt bf 109. di latar belakang adalah sebuah hurricane inggris yang mendarat di bekas landasan yang telah mendapat pemboman masif dari udara sehingga membuat pesawat-pesawat jerman yang tak sempat mengudara menjadi hancur dan berujung jadi lekdut (rongsokan)


heinkel he 111 unjuk gigi dalam frederick 2000 airshow


heinkel he 111 koleksi norwegian aviation museum


diagram heinkel he 111


salah satu pengebom yang masuk jajaran "the most famous" dalam arsenal nazi hitler adalah heinkel he 111. bahkan pesawat ini disebut juga sebagai salah satu pesawat dalam jajaran paling tersohor semasa perang dunia ii!

he 111 dilahirkan dari pabrik yang awalnya tidak terkenal sama sekali. namun dengan pesawat ini, ernst heinkel flug zeugwerke (nama pabrik tersebut), berkembang pesat menjadi raksasa industri pesawat dengan jumlah karyawan 50.000 orang!

diproduksi sebanyak 8.000 unit, pengebom he 111 menjadi standar pesawat pengebom luftwaffe semasa dunia masuk dalam kancah peperangan terbesar 1939-1945 dan merupakan satu rangkaian dari pembangunan reichsluftfahrtministerium (klm-reich air ministry) atau kementerian angkatan udara yang didirikan hitler pada tahun 1933. dengan membentuk badan ini tampak hitler sangat menginginkan angkatan udara lerman menjadi mesin penggebuk yang dapat diandalkan.

ihwal keberhasilan heinkel menggolkan he 111 tidak terlepas dari waktu yang tepat ketika hitler sedang getol-getolnya mengkampanyekan pembuatan pesawat pengebom. secara kebetulan pabrik heinkel yang berlokasi di warnemunde tengah menyelesaikan konstruksi prototipe pesawat penumpang he 70. ibarat gayung bersambut, terjadilah kesepakatan. rancangan pesawat penumpang lantas dirombak oleh desainer siegfried günter menjadi he 111.

he 111 ditenagai dua mesin baling-baling. bentuk badannya tampak seperti selongsong yang mengerucut ke bagian belakang dengan panjang 17,3 meter. sementara dua sayapnya yang mempunyai bentuk ujung sayap setengah lingkaran mempunyai panjang bentangan 22,5 meter. untuk mempertahankan diri, pesawat dilengkapi kanon di bagian depan, atas dan bagian perut.

dengan penerbangan prototipe kedua he 111v2 pada mei 1935, prototipe kedua ini tetap dalam versi penumpang dengan nama rostock. sementara prototipe ketiga he 111v3 merupakan prototipe kedua dari versi pengebom. model ini diperkenalkan kepada publik pada 10 januari 1936 di berlin tempelhof airport. pada model pengebom kedua ini pula he-111 dilengkapi kanon bergerak (movable cannon) b-stand kaliber 20 mm yang ditempatkan di bagian perut (dorsal).

prototipe keempat he-111v4, merupakan pembaruan prototipe versi sipil. sayapnya sudah menggunakan all metal. pesawat ini disiapkan untuk maskapai lufthansa. sayang, pada saat taxy untuk melakukan uji terbang pesawat ini menembak gedung hingga mengalami kehancuran yang berat! he 111v4 tidak lagi terlihat riwayatnya. kiprah he 111 di luftwaffe lebih mulus dibandingkan di penerbangan sipil. varian pertama pengebom ini, he 111b mulai masuk jajaran dinas au jerman pada akhir 1936.

tidak lama setelah memasuki masa dinas, terjadi pergolakan politik yang menyebabkan perang sipil di spanyol. jerman yang membantu kelompok nasionalis melalui pengiriman condor legion dengan pesawat pengebom junkers ju 52 mengalami pukulan telak dari penempur penempur biplane soviet polikarpov i-15 yang membantu kubu republik. maka pada tahun 1937 dikirimlah pengebom he 111b dan dornier do 17. pesawat-pesawat yang tergabung dalam kampfgruppe 88 (k/88) melakukan penghancuran terkonsentrasi ke kelompok republik.

dengan bantuan ini spanyol ibarat mendapatkan darah baru. serangan fighter fighter soviet tidak lagi segencar sebelumnya. sebab, pengebom-pengebom jerman heinkel dan dornier mampu terbang lebih tinggi ketimbang penempur soviet. sebaliknya, kelompok nasionalis bisa me!akukan pembalasan yang seimbang. ketika perang sipil di spanyol berakhir pada bulan mei 1939, jerman hanya kehilangan 22 buah he 111 plus 15 unit yang rusak dari 95 unit pengebom ini yang dikirimkan! selebihnya, ketika jerman pulang kampung, pengebom-pengebom heinkel mereka dihibahkan kepada au spanyol. salah satu pelajaran berharga yang didapat he 111b di perang sipil spanyol adalah tipisnya lapisan pelindung tangki bahan bakar. tidak heran bila ia sangat rentan terhadap tembakan peluru musuh. akibatnya, selain menyebabkan kebocoran dan pesawat tidak bisa kembali ke pangkalan, kebocoran ini juga bisa menimbulkan kebakaran. oleh karena itu he 111 kemudian dilapisi dengan bahan antibocor, self sealing covering. lapisan fiber selulosa ini secara otomatis akan menutup lubang akibat tembakan.

tanggal 2 september 1939 atau satu hari setelah pembukaan serangan ke polandia dilakukan, luftwaffe mengerahkan sekitar 781 unit he 111 sebagai penyerang garis depan.

he 111 merupakan tipe pengebom yang mudah dikendalikan. setidaknya begitulah pengakuan pilot leutnant walter leber yang tergabung dalam kg 53 saat melakukan penyerbuan ke polandia menggunakan tipe p dan h , “heinkel adalah pesawat yang mudah dikendalikan. sangat kuat dan berkecepatan tinggi untuk masanya. satu kelemahannya adalah, senjata pertahanan dirinya masih lemah,” cetus leber. pada medan tempur ini angka kehilangan he 111 berkurang karena sistem perlindungan tangki telah digunakan.

sistem pertahanan diri yang lemah dari he 111 benar-benar terasa saat pesawat masuk dalam kancah perang “battle of brittain” musim panas 1940.

he 111 mati-matian bertempur menghadang serangan fighter-fighter inggris dan gempuran kanon anti serangan udara dari darat.

sekuat-kuatnya lapisan pelindung pesawat akhirnya banyak juga he 111 yang jebol.

salah satunya sebagaimana diceritakan oberleutnant peter schierning, navigator he 111 dari kg53. saat itu ketika rombongan he-111 terbang menuju ke london timur tiba-tiba pesawatnya kena hantam tembakan salvo kanon antipesawat. asap hitam mengepul dari mesin sebelah kanan. pilot secepatnya memerintahkan bom dimuntahkan. pesawat keluar dari formasi, berbalik arah dan berupaya masuk ke dalam perlindungan awan.

untuk sesaat trik ini lumayan mujarab. tapi, manakala pesawat keluar dari awan tiba-tiba sepasang hawker hurricane dari skadron 229 dan supermarine spitfire dari skadron 19 menyerang dari belakang. dibokong dan diberondong dari samping seperti itu jelas membuat he-111 kelabakan. akibatnya, gunner he 111 tewas. pilot terus coba melarikan pesawat hingga akhirnya lepas. dicarilah tempat pendaratan darurat. di steplahurs, kent, pesawat itu mendarat. misi yang hampir menjadi bumerang. para awak yang masih hidup segera keluar dari pesawat.

tahun 1942 dua grup he 111 dari kg 26 melakukan fungsi sebagai pesawat torpedo-bomber.

pengebom ini ditugaskan melakukan penghancuran kapal-kapal pembawa logistik yang meluncur ke uni soviet dari norwegia utara. salah satu misi yang berhasil dilakukan adalah pengeboman konvoi kapal inggris pq 18 pada tanggal 13 september tahun itu. konvoi terdiri dari kapal pengawal hms avenger, berikut juga pesawat-penempur sea hurricane. 40
pendukung. hms avenger sendiri masih selamat akibat perlindungan senjata antiserangan udara. enam he 111 mengalami kerusakan namun masih berhasil kembali ke pangkalan.

antara tahun 1942-1943 he 111 terbang ke stalingrad guna ikut memberikan dukungan kepada ad keenam (german 6th army) yang bertugas di kota penting itu. tidak kurang 165 unit he 111 diturunkan dalam misi ini dari total sekitar 490 dari berbagai jenis pesawat yang diperintahkan hitler di front timur tersebut. dalam misi ini pula he 111 mengalami banyak kerusakan landing gear akibat pangkalan kasar yang digunakan.

awal tahun 1945 merupakan masa-masa sulit bagi operasional he 111. jerman mengalami berbagai kehancuran akibat pengeboman sekutu. yang lebih parah lagi, pengeboman itu berhasil melumpuhkan kilang-kilang minyak yang notabene amat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar pesawat. tanggal 9 april, kurang lebih satu bulan sebelum masa kehancuran jerman, kg4 dan kg5 melaporkan hanya punya sisa 37 he 111, itu pun yang masih siap terbang jumlahnya tidak lebih dari 20 unit!

bagi nazi jerman, dengan segala keterbatasan yang kian kentara amatlah sulit untuk mengaktifkan lagi he 111.

begitu pun dengan nasib he 177 greif sebagai penerus pengebom he 111. greif tidak bisa diteruskan dan hanya sedikit saja yang berhasil dibuat.

spesifikasi (he 111h-16):
mesin: dua buah 1.350-hp jumo 211f-2 inverted v-12 piston engines
berat: kosong 19,136 lbs., maximal saat take-off 30,865 lbs.
bentang sayap: 74ft. 1.75in.
panjang: 53ft. 9.5in.
tinggi: 13ft. 1.25in.

kemampuan:
kecepatan maksimum di atas permukaan air: 227 mph
ketinggian maksimum: 21,980 ft.
jarak jangkau: 1,212 mil

persenjataan:
satu buah kanon 20-mm mg ff;
satu buah 13-mm (0.51-inch) mg 131 machine gun;
tiga buah 7.92-mm (0.31-inch) mg 81z machine guns;
internal bomb-load seberat 2.205 pounds.


wallpaper dengan tema fw 190 a8-r2 karya thierry dekker


miniatur dari fw 190 d9 "dora"


fw 190 di atas angkasa


berbagai varian fw 190. perhatikan gambar adlerfügel (kepala rajawali) yang tertera di samping pesawat paling atas. nice one, right?


gambar cut-out dari ta 152


oleh: alif rafik khan

pada bulan juni 1942, seorang pilot luftwaffe yang desersi memberi kado ulang tahun yang menakjubkan bagi sekutu: sebuah pesawat tempur gres jerman focke-wulf fw 190a utuh! penelitian mendetil yang kemudian dilakukan terhadap pesawat dahsyat keluaran focke-wulf flugzeugbau ini memberi pengaruh besar terhadap keluaran pesawat-pesawat inggris selanjutnya. secara langsung, dia telah membuat inggris buru-buru membuat spesifikasi f.2/43 untuk pesawat hawker fury, yang menjiplak habis fw190a dalam begitu banyak bagian tak terhitung (malaysia, you have a friend here!). tidak hanya itu, keluar juga f.19/43 yang memproduksi proyek pesawat tempur folland fo.118. tak perlu dikatakan lagi, ini seakan memberi penegasan bahwa fw 190 merupakan pesawat tempur terbaik yang pernah dilahirkan jerman sampai saat itu!

focke-wulf fw 190 bisa disejajarkan dengan supermarine spitfire, vought f4u corsair dan north american p-51 mustang sebagai salah satu pesawat tempur terbaik dalam perang dunia ii. pesawat ini sendiri merupakan hasil keroyokan dari tim insinyur jerman yang dikepalai oleh kurt cobain eh kurt tank yang terkenal. rencananya dia akan menjadi pengganti dari messerschmitt bf 109 yang mulai disaingi sekutu. pendapat resmi di jerman sendiri secara sinis mengatakan bahwa fw 190 tidak akan bisa menyamai bf 109 dalam hal prestasi operasionalnya. ini kemudian terbukti merupakan pendapat yang entot (en salah total itu inlander, pitung!).

ketika fw 190 memasuki medan tempur perdana pada musim panas 1942, dia merupakan pesawat tempur jerman bertenaga piston paling potensial. semua pesawat tempur terhebat saat itu langsung "lewat" bila dibandingkan dengan fw 190, utamanya spitfire v yang menjadi primadona. dari sejak itu pula, di luar dari beberapa masalah yang berhubungan dengan mesin bmw 801 yang diusungnya, fw 190 selalu menjadi yang terdepan bila dibandingkan dengan pesawat-pesawat sekutu, apalagi dengan versi terbarunya yang selalu keluar beberapa waktu sekali.

mesin bmw 801 mempunyai kelemahan selalu overheat bila dipakai terus-terusan, tapi kemudian hal ini diperbaiki melalui penyempurnaan kipas pendinginnya. secara umum, fw 190 menjadi bahan puji-pujian para pilot pengujinya. mereka terutama menyukai bagian bawah pesawat yang lebar dengan penstabil daratan yang diimprovisasi, yang berbeda dengan pendahulunya bf 109. salah satu kelebihan yang luar biasa yang keluar pada saat pesawat tersebut diujicoba adalah fakta bahwa ketika berada di ketinggian dengan kecepatan pol, mesin bmw 801 akan menghasilkan sepasang jejak asap yang bermula dari pipa knalpot dan menyelubungi bagian sayap seluruhnya.

prototipe fw 190 sendiri pertama terbang pada tanggal 1 juni 1939, dan pengiriman produksi dimulai akhir tahun 1940. hanya dalam jangka waktu setahun, fw 190 telah malang melintang di langit selatan inggris di siang hari, secara terang-terangan mengajak duel spitfire v. sudah jelas pesawat inggris kalah segala-galanya. situasi mulai membaik ketika royal air force (raf) menerima spitfire ix yang lebih kuat dan bertenaga, plus dipadukan dengan typhoon empat-kanon.

pada musim gugur 1937 reichluftministerium memberi order kepada focke-wulf flugzeugbau untuk perancangan dan pengembangan sebuah pesawat tempur kursi tunggal terbaru sebagai tambahan untuk messerschmitt bf 109. para petinggi rlm menyebut order ini sebagai "iron in the fire" (baja api). terus kenapa focke-wulf yang dipilih untuk menyelesaikan pembuatannya? sederhana saja, karena saat itu perusahaan tersebut belum terlibat dalam pengembangan pesawat perang seperti halnya perusahaan lain, sedangkan tim perancangnya telah moncer kemana-mana karena dikepalai oleh si jenius dipl.ing. kurt tank. tim perancang tank segera mempersiapkan dua buah proposal: satu dengan pesawat bermesin daimler-benz db601 berpendingin cair, sedangkan satunya lagi dengan mesin radial bmw 801 berpendingin udara. pada saat itu mesin berpendingin udara tidaklah disukai karena dianggap lelet dan keterbatasannya dalam hal penempatan di pesawat yang harus diletakkan di bagian depan sehingga sedikit menghalangi pandangan pilot pada saat take-off dan mendarat. akibatnya, ketika pada akhirnya jenderal ernst udet memilih mesin bmw 801 sebagai penopang fw 190, banyak pihak yang terkejut dan mencibir keputusannya. tak kurang dari kurt tank sendiri begitu surprise ketika mengetahui bahwa udet telah memilih buatannya!

mesin bmw 801 secara umum mempunyai berat lebih dibandingkan dengan para pendahulunya, meskipun ukuran secara keseluruhannya sendiri tidak jauh berbeda. hal ini membuat dibutuhkannya pencengkeram fondasi yang lebih kuat, tapi dengan struktur yang sebisa mungkin tidak membebani pesawat dan mengurangi kemampuannya.perancangan ulang memberi insinyur tank paling handal, blaser, kesempatan untuk memperbaiki kelemahan yang keluar dalam prototipe pertama. pilot tes terutama keberatan atas begitu dekatnya jarak mesin dengan kokpit sehingga panasnya mesin terasa sampai ke dalam, dan kadang malah mencapai 55° celcius (132° fahrenheit)! kondisi seperti ini digambarkan sander sebagai "seperti menaruh kaki di atas pembakaran". kelemahan lainnya, asap dari pipa pembuangan mudah masuk ke kokpit sehingga si pilot dipaksa untuk terus menerus memakai masker oksigennya. untuk mengatasi semua hal tersebut, tak ada jalan lain selain menggeser kokpit lebih ke belakang lagi. hal ini sekaligus mengatasi hambatan dalam hal berat mesin yang membuat pesawat sulit bermanuver bila mesin dan kokpit diletakkan berdekatan.

kebanyakan dari fw 190a-0s dikirimkan ke rechlin roggenthin untuk pengujian lanjutan sebelum mendapat persetujuan produksi. selama tes-tes yang dilakukan secara intensif, diketahui bahwa logam penutup mesin seringkali terlepas saat pesawat dipacu dalam kecepatan tinggi, sehingga kunci pengikat logam yang lebih kuat pun segera dirancang. beberapa perubahan lain dilakukan karena ditemukannya kendala-kendala tambahan, di antaranya adalah kanopi kokpit yang tidak bisa terbuka dalam keadaan darurat ketika pesawat mencapai kecepatan 250 mph. masalah ini diatasi dengan memasang dua buah selongsong standar 20 mm yang meniup bagian belakang kanopi cukup jauh untuk membiarkan slipstream masuk di bawahnya dan menariknya. pilot juga komplain bahwa ada resiko mereka menabrak bagian ekor pesawat ketika bailing out, sehingga meminta dipasangnya semacam kursi pelontar yang akan melemparkan mereka ke udara lebih jauh dari sebelumnya. masalahnya adalah, pembatasan berat yang disyaratkan oleh rlm kepada focke-wulf flugzeugbau (dengan ancaman denda bila melanggar) membuat para insinyur keberatan untuk memasang instrumen tersebut. akibatnya, perdebatan serius timbul antara para pilot penguji dengan perusahaan pembuat.

focke-wulf bukan hanya lebih cepat dari pesawat-pesawat sebelumnya, tapi juga dengan kemudinya yang mudah dikendalikan plus kemampuan bermanuver yang tinggi membuat pesawat ini menjadi senjata yang sangat berbahaya bagi lawan, bahkan bila dikemudikan oleh pilot yang belum berpengalaman sekalipun! kemampuan yang mengagumkan ditambah dengan persenjataan fw 190 yang top membuat kelimpungan para pilot sekutu yang menghadapinya. barulah ketika pelatihan pilot jerman menurun dalam hal kualitas dn waktu pengujian, mereka mulai bisa mengimbanginya. fw 190a standar segera dimodifikasi untuk memudahkannya melaksanakan fungsi-gungsi lain selain sebagai pesawat tempur, terutama versi f dan g fighter-bomber. pesawat versi ini tidak dilengkapi oleh kanon luar 20 mm dan diganti oleh kombinasi rak bom atau kelopak meriam untuk kanon mk 103 30 mm. versi selanjutnya dari fw 190a dilengkapi sampai enam buah kanon 20 mm (fw 190a6r1); a-6/r-6 mempunyai dua buah roket tak berpandu 210 mm (8,27 inci) yang difungsikan untuk menyerang pesawat-pesawat pembom besar milik amerika. track pendarat lebar membuat take-off dan mendarat menjadi lebih mudah, tidak seperti dua messerschmitt 109 sebelumnya yang selalu "gelisah". fw 190 juga merupakan salah satu dari pesawat tempur pertama yang memperkenalkan kanopi belakang yang jelas dan tak bertutup, sehingga memberi pilot pandangan yang lebih luas ke sekelilingnya.

fw 190 juga membuktikan diri sebagai fighter-bomber yang mumpuni, dan mampu membawa bom dalam jumlah cukup banyak (plus kadangkala proyektil roket). perang baru yang dikobarkan hitler di front timur membuat kebanyakan produksi terbaru pesawat jenis ini diterjunkan untuk melawan rusia. sebagian lainnya dikirimkan untuk membantu afrikakorps milik rommel dalam melawan western desert air force di padang pasir afrika utara, yang sedang menderita tekanan hebat di el alamein di akhir-akhir tahun 1942.

ketika pesawat pembom raf dan usaaf yang berseliweran di eropa daratan menjadi lebih berat dan lebih besar lagi dari sebelumnya, maka unit-unit tempur jerman yang menerbangkan fw 190 mengembangkan taktik baru untuk mengatasinya. ketika bomber-bomber berat amerika menyerang di siang hari, maka beberapa fw 190 akan membentuk "antrian" dan mendekati dari belakang formasi lawan. ketika jaraknya sudah dekat, mereka akan saling berpencar, sehingga memberi sedikit kesempatan saja bagi para penembak mesin musuh untuk menembak mereka secara sistematis kepada semua penyerangnya.

selama tahun 1943, fw 190 merajalela di eropa, dari timur ke barat, dan juga digunakan untuk melaksanakan misi di malam hari. pada waktu yang sama, fw 190 jenis baru dikeluarkan, dan yang ini menggunakan mesin inline dan bukannya radial seperti sebelumnya. penampilan umumnya sendiri sama saja, dengan radiator berbentuk gelang di bagian hidung.

mesin junkers jumo 213 terbaru yang dipasangkan ke fw 190 membuat pesawat ini sekali lagi menjadi pesawat tempur operasional luftwaffe tercepat saat itu, dan pilot-pilot dengan skill tinggi dapat memanfaatkan kelebihannya ini secara maksimal. sayangnya, rancangan pesawat yang dahsyat tak dikompensasi oleh standar produksi yang lemah, kekurangan bahan bakar kronis, pelatihan pilot yang seadanya, dan superioritas pesawat sekutu dalam hal jumlah.

untuk menghormati sang perancang kurt tank, maka nama fw 190 kemudian dirubah menjadi tank ta 152. pesawat tempur bermesin inline yang "indah" ini direncanakan menjadi versi terakhir dari pesawat tersebut. penundaan yang terjadi kemudian membuat dihentikannya produksi fw 190d, yang sendirinya merupakan pesawat tempur yang sudah mumpuni. di tahun terakhir perang yang penuh dengan kekacauan, fw 190d menjadi pesawat utama luftwaffe yang dilengkapi dengan versi mesin inline. hanya sedikit saja ta 152h (dan kemungkinan beberapa ta 152c) yang mendapat kesempatan mencicipi pertempuran.

sayap yang lebih panjang (14,5 m) dari ta 152h high altitude membuat pesawat tersebut mempunyai kemampuan yang lebih mengagumkan lagi, dengan kecepatan puncak 755 km/jam (472 mph) dan dapat menanjak sampai 15.000 m (49.215 ft). dia dipersenjatai dengan kanon 30 mm di bagian hidungnya plus dua kanon 20 mm di bawah sayap. saya berandai-andai, kalau saja pesawat ini diproduksi dalam jumlah yang cukup plus diterbangkan oleh pilot-pilot yang berpengalaman, maka dapat dipastikan bahwa ia akan menjadi pesawat tempur tak terkalahkan di udara sekaligus pembunuh bomber musuh paling top, sejajar dengan messerschmitt me 262. versi lower altitude-nya, ta 152c, baru masuk tahap pengujian ketika perang keburu berakhir. antara bulan oktober 1944 dan februari 1945 ketika produksi dihentikan, focke-wulf mampu memproduksi ta 152 komplit (model h-0, h-1 dan c-1). tercatat sebanyak 20.000 buah fw 190 telah diproduksi selama berlangsungnya perang dunia ii, dengan sepertiga di antaranya difungsikan sebagai fighter-bomber.

spesifikasi focke-wulf fw 190a-8 :
mesin: bmw 801d 1,700 hp 14-cylinder radial engine
bentang sayap: 10,49 m (34 ft 5,5 in)
panjang: 8,84 m (29 ft)
tinggi: 3,96 m (13 ft)
berat kosong: 3.200 kg (7.055 lbs)
berat operasional: 4.900 kg (10.800 lbs)
kecepatan maksimum: 653 km/jam (408 mph)
batas kemampuan menanjak: 11.410 m (37.400 ft)
jarak tempuh: 900 km (560 mil)
persenjataan: 2 senapan mesin 13 mm + 4 kanon 20 mm, atau
2 kanon 20 mm + 2 kanon 30 mm



horten ix menjelang take-off dalam ujicoba yang dilakukan terhadapnya


horten ix hasil rampasan dari jerman dikeluarkan dari kereta yang membawanya


gambar cut-out dari horten ix


lukisan 3 dimensi dari horten buatan géry gueville


diagram go 229 (horten ix) buatan gothaer wagonfabrik




jujur saja, waktu pertama melihat foto dari pesawat 'berbentuk ajaib' horny eh horten ho ix beberapa tahun yang lalu, pikiran saya adalah "hmmm... satu lagi pesawat luftwaffe yang hanya eksis di atas kertas". perkiraan yang salah besar! karena sebenarnyalah pesawat revolusioner di zamannya ini benar-benar telah dibangun dan diterbangkan oleh jerman di masa perang! jelas saja, fakta itu sudah cukup membuat pesawat ini menjadi special pake telor beibeh!

para sejarawan masih saling berbeda pendapat akan bagaimana sebutan paling afdol dari pesawat ini. ada yang menamainya horten ix, horten ho ix, gotha go 229, horten ho-229. kalau bagi saya pribadi, pemanggilan horten ix atau ho ix lebih condong untuk tipe pengembangannya (glider-glider buatan horten sebelumnya dinamai horten i, ii, iii... dan seterusnya). versi produksi resminya sendiri (yang dibuat oleh pabrik pesawat gotha) dinamai go 229, dan bukannya ho 229.

dua bersaudara walter dan reimar horten adalah para pionir dalam pembuatan pesawat bersayap tanpa ekor, dan telah membangun secara berturut-turut pesawat-pesawat 'layar' tanpa mesin berbentuk indah dengan performa menakjubkan pada tahun 1936 s/d 1940, yang diikuti oleh sebuah contoh dengan dilengkapi dua mesin pendorong. pengalaman mereka dalam membuat pesawat bersayap besar yang dapat terbang adalah sesuatu yang ajaib pada masa itu, dan merupakan satu-satunya di dunia. pada tahun 1943 walter horten menyatakan ketertarikannya untuk membangun sebuah pesawat berkecepatan tinggi yang dibuat dari... kayu! laporan dari perkembangan dfs 194 (kemudian dinamai messerschmitt me 163) yang dikepalai profesor lippisch makin meyakinkan walter bahwa bahkan pesawat dari kayu dapat membawa mesin jet atau roket dan kemudian terbang. pada tahun 1943 dia mengajukan gagasannya kepada panglima luftwaffe reichsmarschall hermann göring, dan tanpa banyak cingcong proyek tersebut disetujui.

prototipe pertama horten ix v1 dibangun dengan berdasar pada rancangan layaknya glider. pengerjaannya hanya makan waktu enam bulan, dan mendapat giliran uji terbang untuk pertama kalinya pada bulan februari 1944 di göppingen.

bersamaan dengan uji terbang dari v1, sebuah prototipe kedua langsung dikembangkan pula. v2 ditenagai oleh dua buah turbojet. rancangannya merupakan campuran dari berbagai tipe pesawat terdahulu, dan telah mendapat perbaikan disana-sini. mesin yang digunakan adalah bmw 003 dan bukannya jumo 004 seperti yang direncanakan semula. roda depannya yang berukuran besar merupakan contekan dari roda ekor pesawat heinkel he 177, sedangkan peralatan pendarat utamanya "dipinjam" dari messerschmitt bf 109 g.

penerbangan pertama dilakukan di oranienburg tanggal 2 februari 1945. pilot pengujinya adalah erwin ziller. pesawat tersebut memperlihatkan hasil yang bagus, terutama dalam hal kualitas setirnya dengan hanya secuil instabilitas di bagian samping (yang sekarang merupakan kekurangan utama bagi pesawat-pesawat tak berekor modern). penerbangan kedua sama suksesnya, meskipun roda pesawatnya rusak akibat parasut rem yang terkembang saat mendarat. dua minggu kemudian, dalam penerbangan ketiga terjadilah bencana yang tidak diduga-duga. ziller seperti biasanya tinggal landas dengan pesawatnya untuk melakukan uji coba lanjutan. ketika ketinggian mencapai 800 m, salah satu mesinnya tiba-tiba ko'it. sang pilot yang berpengalaman tidak langsung menjerit-jerit layaknya nenek-nenek mandi ketahuan diintip. dia segera mendorong pesawatnya untuk meluncur ke bawah di ketinggian rendah untuk menolong menghidupkan kembali mesin yang ngadat. secara mendadak di ketinggian 400 meter roda pesawatnya ngelepot (wtf?) kembali ke dalam. akibatnya pesawat kehilangan kecepatannya dan tak bisa dikontrol. erwin ziller terbunuh ketika pesawat prototipenya menukik menabrak tanah dan hancur lebur.

meskipun terjadi kemunduran akibat peristiwa kecelakaan ini, proyek tersebut tetap berlanjut dengan segala energi yang tersisa. komponen prototipe yang masih ada segera dipindahkan ke gothaer wagonfabrik (gotha) yang berada di friedrichsrode. pada bulan maret 1945 proyek difokuskan kepada prototipe ketiga, yang diberi nama go 229 v3. v3 berukuran lebih besar dibandingkan dengan kedua pendahulunya, dan bentuknya telah lebih disempurnakan lagi di beberapa tempat, yang dimaksudkan untuk menjadi contoh bagi seri pra-produksi pesawat tempur go 229 a-0 yang telah dipesan oleh luftwaffe sebanyak 20 buah. v3 ditenagai oleh mesin jumo 004c, dan dapat membawa dua buah kanon mk108 30mm di pangkal sayapnya.

tapi semuanya telah terlambat bagi luftwaffe. pasukan amerika menduduki pabrik gotha pada tanggal 14 april 1945 dan menemukan rezeki nomplok: sebuah prototipe v3 yang 90% selesai dikerjakan dan belum lagi diterbangkan. empat lagi pesawat lainnya yaitu go 229 v4, v5, v6 dan v7 hadir juga, dengan beberapa tahap penyelesaian. v4 dan v5 adalah prototipe dengan dua tempat duduk dan direncanakan sebagai versi pesawat tempur malam.

tentu saja orang-orang amerika tidak menyia-nyiakan penemuan ini, dan segera menggondol v3 balik ke negaranya. para ilmuwan disana hanya bisa terbengong-bengong menyaksikan sudah begitu jauhnya kemajuan yang telah dicapai oleh seterunya dari jerman. dahsyatnya lagi, v3 masih dapat disaksikan sampai saat ini, tepatnya di nasm's paul e. garber restoration, preservation & storage facility yang berlokasi di silver hill, maryland.

spesifikasi horten ho 229a (v3) :
* kru: 1 orang
* panjang: 7,47 m (24 ft 6 in)
* rentang sayap: 16,76 m (55 ft)
* tinggi: 2,81 m (9 ft 2 in)
* bagian sayap: 50,20 m² (540.35 ft²)
* berat kosong: 4.600 kg (10.141 lb)
* berat terisi: 6.912 kg (15.238 lb)
* berat maksimum tinggal landas: 8.100 kg (17.857 lb)
* mesin: 2 buah junkers jumo 004b turbojet, 8,7 kn (1.956 lbf) masing-masingnya

kemampuan :
* kecepatan maksimum: mach 0,92 = 977 km/jam (607 mph) di 12.000 m (39.370 ft)
* radius tempur: 1.000 km (620 mil)
* jarak angkut: 1.900 km (1.180 mil)
* batas tertinggi terbang: 16.000 m (52.000 ft)
* kecepatan tanjak: 22 m/detik (4.330 ft/menit)
* berat sayap: 137,7 kg/m² (28.2 lb/ft²)
* berat dorongan: 0,26

persenjataan :
* senjata: kanon 2 x 30 mm mk 108
* roket: roket r4m
* bom: bom berbobot 2 x 500 kg (1.100 lb)


messerschmitt me 262 tampak samping. pesawat yang ini dikhususkan untuk bertempur di malam hari (night fighter). perhatikan saja antena radar di hidung, dan juga tambahan kursi kedua di belakang pilot untuk operator radar


messerschmitt me 262 white y dari kampfgeschwader 51 "edelweiss"


skuadron pesawat messerschmitt me 262 bersiap untuk tinggal landas


me 262 a-1a, kuning 3, 9./kg(j) 54, musim panas 1945; me 262 a-1a, putih 14, 3./ejg 2, lechfeld; me 262 a-1a, putih 7, ofw hermann buchner, kdo nowotny, nov 1944, lechfeld; me 262 a-1a, putih 3, gen adolf galland (& franz stigler), verbandsführer, jv 44; me 262 a-2a, hitam x, fj.ofw. hans-robert fröhlich, i./kg 51 & gefechtsverband hogeback, saat ini berada di awm, canberra. 


messerschmitt me 262 yang telah dirampas sekutu tengah dipelajari interior dan bentuknya. di kemudian hari, pesawat jet ini menjadi inspirasi dan cikal bakal dari semua pesawat jet yang ada di dunia!


messerschmitt me 262 di landasan pacu


lukisan karya nicolas trudgian berjudul "in defense of the reich"


diagram senapan mesin yang dipasangkan di hidung messerschmitt me 262


diagram messerschmitt me 262


perbandingan antara messerschmitt me 262 'schwalbe' dengan lockheed xp-80a 'shooting star'


andaikata hitler tidak bersikeras jet tempur me 262 harus diubah menjadi pesawat pembom tempur, mungkin jalannya perang akan lain. tapi suratan tangan sejarah bagi me 262 ditakdirkan hanya hidup singkat mempertahankan nazi jerman pada hari-hari terakhir sebelum bertekuk lutut kepada sekutu.

messerschmitt me 262 adalah mesin perang tercanggih pada eranya. ia padat teknologi baru yang belum teruji tapi terdesak oleh perang, jerman tidak punya pilihan kecuali langsung menerjunkan dalam kancah perang dunia kedua. teknologi baru tersebut itulah yang menjadi kendala mesin perang canggih ini, sehingga pesawat berbaling-baling mesin piston dengan mudah mengungguli pesawat jet yang semula ditakuti sekutu.

dalam waktu singkat sekutu mengetahui bahwa "tumit achilles" jet tempur messerschmitt me 262a adalah pada saat pesawat jet ini masih terbang dalam kecepatan rendah selepas take-off atau saat akan mendarat. mengetahui kelemahan ini, sekutu secara rutin mengirim patroli sekitar pangkalan-pangkalan udara dimana me 262 ditempatkan untuk menyerangnya begitu jet tempur andalan nazi ini airborne. sebab, bila sudah mencapai kecepatan tinggi, pesawat tempur ini bukan tandingan pesawat sekutu.

kelemahan lainnya. setiap operasi 10 jam, mesin jumo 004-nya harus diganti. dalam perkembangan selanjutnya, pabrik junker berhasil meningkatkan umur mesin menjadi setiap 25 jam operasi. titik-titik lemah itulah dijadikan kunci untuk menghajar jet tempur pertama dunia. sekutu mengandalkan pesawat tempur baling-baling bermesin piston north american p-51d mustang sebagai lawan tangguhnya. di tangan penerbang mustang, harapan hitler meraih keunggulan di udara menjadi sirna. sekalipun salah satu jenderalnya, generalmajor adolf galland memimpin sendiri balasan terhadap serangan sekutu setelah ace jerman, major walter nowotny yang memimpin satuan me 262 kommando nowotny tewas dalam duel dogfight rendah dengan mustang, jet tempurnya berhasil dirontokkan 8 november 1944.

dalam buku terbitan cassell military classics (1998) "sky battles,"alfred price menulis bahwa saat me 262 walter nowotny ditembak jatuh, generalmajor adolf galland secara kebetulan berada di achmer pada hari itu dalam kunjungan inspeksi untuk mencari keterangan kenapa satuan me 262 kommando nowotny dengan pesawat yang lebih unggul dari sekutu, belum berhasil meraih harapan.

menyaksikan ace jerman (dengan pesawat lebih unggul) kalah dalam dogfight dengan mustang, sudah cukup bagi adolf galland guna menarik kesimpulan bahwa walter nowotny diberi tugas diluar kemampuannya. nowotny dibebani tugas impossible dia harus memperkenalkan pesawat tempur total baru untuk segera menjadi operasional tempur, sementara mayoritas dari para pilotnya tidak memperoleh latihan konversi yang layak.

latihan yang diperoleh para penerbang sangat minim. amat jarang satuan kommando nowotny dapat melakukan latihan terbang setengah lusin sorti per hari. sebagai dampaknya, sekutu yang memiliki keunggulan dalam jumlah pesawat di atas jerman, mendikte kapan jet tempur messerschmitt 262 harus berlaga di medan tempur.

galland menginstruksikan satuan me 262 untuk kembali ke lechfeld untuk memperoleh tambahan latihan sekaligus dilaksanakan modifikasi kelemahan jet tempurnya. dia menyadari suatu kesalahan besar untuk melibatkan me 262 dalam kombat dalam jumlah kecil. agar memperoleh kehebatan, jet tempur ini harus dihimpun jumlah yang lebih besar daripada satuan kommando nowotny. inilah awal terbentuknya satuan tempur geschwader me 262 atau lebih dikenal sebagai jg 7 namun butuh waktu cukup lama sebelum jg 7 operasional penuh melawan pesawat-pesawat sekutu.

lalu bagaimana dengan versi pembom tempurnya? pada tahun 1944, versi yang diinginkan adolf hitler ini memperkuat dua satuan, gruppen i dan ii dari kampfgeschwader 51. secara individu pembom tempur me 262 melaksanakan serangan terhadap lapangan udara dan posisi pasukan sekutu di perancis, belanda dan belgia. tapi karena serangannya hanya melibatkan sejumlah kecil me 262 dan jumlah tonase bom yang digotongnya terbatas, serangan pembom jet tempur nazi tersebut kurang berarti.

hitler meledak marah

bersamaan dengan persiapan adolf galland tersebut, pada awal 1945, me 262 baru mulai keluar dari pabrik dengan jumlah mencengangkan 36 pesawat per minggu dan sebegitu jauh sudah 600 pesawat diserahkan kepada luftwaffe. namun dalam buku catatan markas besar angkatan udara 10 januari 1945 hanya sekitar 60 me 262 (atau 10 persen dari yang diserahkan pabrik) tercatat dalam satuan operasional, tapi tidak satu pun dalam day fighter unit, 52 pesawat dioperasikan kampfgeschwader 51 dalam peran sebagai pembom tempur. empat pesawat beroperasi sebagai night fighter dan lima digunakan sebagai pesawat reconnaissance jarak pendek empat bulan setelah hitler bersikeras peran me 262 diubah sebagai pembom tempur.

hitler meledak marah 23 mei 1944, dalam rapat di markasnya di berchtesgaden yang dihadiri oleh reichmarschall goring, generalfeldmarschall erhard milch dan petinggi luftwaffe lainnya membicarakan khusus perkembangan messerschmitt me 262. sang fuhrer menanyakan, "saya kira 262 kini sudah dibuat sebagai pesawat high-speed bomber. sudah beberapa jumlah pesawat 262 yang dibuat untuk dapat menggotong bom?"

milch menjawab bahwa saat itu belum satu pun dimodifikasi sebagai pembom tempur pesawat secara eksklusif diproduksi sebagai pesawat tempur. ruang pertemuan mendadak menjadi hening. milch menggali "kuburannya sendiri" kala meneruskan keterangannya bahwa me 262 tidak dapat menggotong bom kecuali diadakan modifikasi besar-besaran terhadap rancang bangunnya.

mendengar keterangan itu. hitler kehilangan kesabarannya dan memotong generalfeldmarschall-nya : "sudahlah! saya hanya minta pesawat itu bisa menggotong satu bom 250 kilo (550 pon)!" ujarnya keras naik pitam. namun tensinya menurun kala diberi jaminan bahwa segera akan dilakukan modifikasi agar me 262 sanggup menggotong dua bom.

bisa mengerti mengapa sang fuhrer sampai naik pitam. serbuan pasukan sekutu ke daratan eropa bisa terjadi setiap saat. sementara senjata yang diharapkan hitler seolah-olah dicuri dari genggaman tangannya. ancaman besar yang dihadapi fuhrer sekitar musim semi 1944 adalah serbuan sekutu ke daratan eropa. hitler berpendapat tidak ada sarana yang lebih cepat untuk menahan serbuan pasukan sekutu kecuali pesawat jet, khususnya pembom tempur jet.

dalam skenario fuhrer, bila pasukan sekutu dihajar terus menerus dengan serangan bom dan straffing udara, mereka akan tercerai berai dalam kelompok kecil kala divisi panzer jerman tiba di lokasi pertempuran. jika rencana ini menjadi kenyataan, serbuan pasukan sekutu bisa dipatahkan.

mendapat masukan jumlah pesawat sekutu yang bakal mengawal serbuan tersebut, hitler tambah yakin bahwa hanya pesawat jet me 262 yang secara cepat dapat tiba di lokasi pendaratan dan menyerang pasukan sekutu dengan mematikan. dalam tukar pikiran, fuhrer mendapat masukan pula bahwa bila perlu me 262 dapat menggotong dua bom 550 pon. sejak itulah, hitler yakin benar dengan diubah peran menjadi pembom tempur, me 262 merupakan senjata ampuh dalam rencana operasi anti-serbuan sekutu. namun yang tidak dapat divisualisasikan fuhrer kala itu adalah apakah messerschmitt me 262 tersebut benar-benar sehebat seperti yang dibayangkannya. sebab bila itu terjadi, belum tentu 262 bisa melaksanakan perannya sebagai pembom tempur karena dia akan disibukkan oleh pesawat tempur pengawal pasukan tempur sekutu. kemungkinan besar sebelum sempat menjatuhkan dua bom yang digotongnya itu, me 262 sendiri sudah dirontokkan terlebih dahulu oleh pesawat sekutu.

generalfeldmarschall erhard milch dari luftwaffe yang dipercayakan untuk produksi me 262 juga sependapat untuk membuat versi pembom tempur. namun berbeda dengan sang fuhrer-nya, milch lebih mementingkan produksi 262 secepatnya keluar dari pabrik beroperasi dalam satuan-satuan tempur guna menghadapi serangan udara bertubi-tubi sekutu yang dari hari ke hari semakin gencar. versi pembom tempurnya diberi prioritas kedua.

milch ketemu batunya pada hari itu. hitler langsung memecatnya dan menunjuk goring secara pribadi bertanggungjawab langsung terhadap produksi me 262 versi pembom tempur secepat mungkin keluar dari pabrik messerschmitt. tanpa disadari fuhrer, meski modifikasi bisa dilakukan segera, namun kelemahan-kelemahan pada mesin jumo 004, sebenarnya tidak memungkinkan dalam versi apapun 262 menghadapi pesawat-pesawat (mustang) sekutu meski bermesin piston tapi unggul dalam segi-segi tertentu daripada jet tempur jerman.

tidak ada kelanjutan dari rapat tersebut setelah dua minggu lewat ketika pada 6 juni pasukan sekutu mendarat di normandy dan berhasil menguasai pantai perancis tersebut. kesempatan bagi pembom tempur jet me 262 memberi pukulan dashyat terhadap serbuan pasukan sekutu lewat begitu saja.

menjelang akhir bulan juni satuan unit pertama me 262 versi pembom tempur mulai terbentuk dalam staffel ke-3 dari kampfgeschwader 51. satuan pembom tempur me 262 pada 20 juli secara resmi operasional dan dipindahkan ke chateaudun dekat paris, diperkuat dengan sembilan pesawat yang masing-masing membawa dua bom 550 pon. dalam upaya mengurangi tingkat kerugian, serta untuk mengurangi seminimal mungkin pesawat baru tersebut jatuh ke tangan musuh, para pilotnya diinstruksikan tidak menurunkan ketinggian terbang 4.000 meter (13.000 kaki) di atas daerah musuh. bom dilepas sewaktu pesawat menukik tajam pada ketinggian tersebut, namun bila serangan pemboman kurang tepat berarti hasilnya akan nihil terhadap sasaran kecil seperti jembatan atau kendaraan.

pesawat-pesawat stuka sedang antri untuk mendapat bahan bakar di sebuah pangkalan udara prancis yang telah diduduki, mei 1940


pesawat stuka terbang di atas kota stalingrad yang telah hancur



pesawat stuka sedang melakukan tukikannya yang khas, yang menjadi momok bagi pasukan sekutu dalam awal-awal perang dunia ii


formasi pesawat stuka dalam suatu peragaan



stuka terbang di angkasa



sturzkampfflugzeuge atau stuka nama kecilnya. dalam bahasa jerman berarti pembom tukik. nama ini kemudian disandang oleh pembom berukuran kecil milik luftwaffe (au jerman), junkers ju 87. dibuat pada masa jeda perang (1935), ju 87 menjadi kunci kemenangan pola serangan kilat jerman, blitzkrieg, dalam masa pd ii. pembom ini juga terkenal karena suara peluit kematiannya sebelum menjatuhkan bom.

kecil, sekilas mirip pesawat tempur pada zamannya yang condong ringan dan praktis. tapi banyak yang mengatakan bentuk pesawat ini ugly (jelek) dan tidak lincah. dengan mesin jumo 210 ca (versi anton) berkekuatan 640 tenaga kuda, kecepatan terbangnya pun lambat, hanya 285 km/jam. senjata pertahanannya juga terbilang minim. yakni satu senapan mg 17 kaliber 7,92 mm di sayap. dalam beberapa hal, satu senapan manual mg 15 kaliber 7,92 mm digunakan gunner (penembak) di kokpit belakang.

pada versi g (gustav) senjata ini diganti dengan sepasang kanon flak 18 (bk 3,7) 37 mm, 12 peluru. maka jadilah ju 87g sebagai pembom dan penghancur tank yang mujarab. oleh karenanya, julukan sebagai kanonenvogel atau canonbird maupun panzernacker (pembelah tank) disandang pula oleh pembom yang masuk ke jajaran kekuatan udara luftwaffe tahun 1937 ini. bukti konkritnya, dalam battle of kursk (rangkaian penyerbuan jerman ke soviet, 1943-1944), hans-ulrich rudel yang terbang dengan pembom ini sebanyak 2.530 sorti (meskipun tertembak jatuh 30 kali hingga sebelah kakinya harus diganti dengan kaki besi) berhasil memporak-porandakan 519 buah tank pasukan tentara beruang merah itu. hasil yang jelas menakjubkan.


peluit kematian

oleh karenanya banyak sejarahwan penerbangan kagum dan menggolongkan pembom buatan firma junkers jerman ini sebagai yang legendaris. bila di udara ibarat sebuah predator yang mengerikan. jalannya yang pelan tiba-tiba bisa berubah menjadi sebuah tukikan burung besi yang mengantarkan bom-bom sc 250 kg sambil melengkingkan suara khas, "peluit kematian" dari terompet jerricho yang dipasang para penerbangnya di batang roda utama. tentara musuh yang menjadi sasaran hanya terbengong-bengong sebelum menyadari makhluk aneh baru di angkasa.

salah satu sejarahwan yang memberikan komentarnya terhadap ju 87 adalah william green dengan mengatakan stuka sebagai "an evil looking machine with something of the predatory bird in its ugly contours." selain itu, dalam buku warplane of the luftwaffe (1994) disebutkan, junkers ju 87 adalah pesawat yang menenggelamkan kapal dan tank terbanyak dalam sejarah pd ii untuk semua jenis pesawat. kecuali tidak menyaingi ilyushin il-2 shturmovik buatan soviet. dapat dimaklumi memang, karena il-2 merupakan pesawat yang diproduksi terbanyak dalam sejarah yakni sekitar 35.000 sementara stuka hanya dibuat sejumlah 5.700 buah saja.

kehebatan ju 87 dalam melakukan pemboman tidak diragukan banyak kalangan saat itu. dalam sejarah penerbangan, dua pembom lain yang disebut mampu menandingi keefektifannya adalah sbd dauntless dan pembom aichi d3a val jepang.

kiprah pertama ju 87 dimulai manakala pembom ini ditugaskan au jerman dalam legion condor untuk menyokong kekuatan front nasionalis dalam perang sipil (civil war) di spanyol (1936-1939). dalam ajang perang melawan pasukan tentara sosialis republik sayap kiri yang ditopang kekuatan uni soviet ini, ju 87 membuka cakrawala baru diantara seliweran pesawat tempur di udara seperti heinkel he 51, fiat cr.32, messerschmitt bf 109d (nasionalis), hawker fury, polikarpov i-16 (republik) maupun pembom lain yakni savoia marchetti, junkers ju 52/3m (nasionalis) dan tupolev sb-2 (republik). tentara republik berhasil dipukul mundur, dan nama stuka melambung ke permukaan.


gempur warsawa

kesuksesan stuka berlanjut dan mencapai momentumnya dalam penyerangan kilat jerman ke polandia sekaligus menandai dibukanya pd ii di belahan eropa pada 1 september 1939. sebanyak sembilan stukagruppen (grup pembom stuka) atau 366 pesawat bergantian menutupi angkasa polandia melengkapi pengiriman 300 pembom berat heinkel he 111 dan pembom medium dornier do 17. bahkan, dengan stuka juga genderang perang terhadap polandia dikumandangkan hitler sebelas menit setelah tiga pembom ini terbang dari elbing menuju sasarannya yakni jembatan dischau di atas vistula pada pukul 04.36 pagi.

ibukota warsawa dibombardir. begitupun dengan pangkalan udara krakow dan lemburg yang dihuni penempur tua pzl p.11c dan p.7, pangkalan angkatan laut putzig/rahmel serta industri pesawat tempur pzl sendiri diberangus tanpa ampun.

polandia melakukan perlawanan dengan pembom ringan pzl p.23b karas. namun usahanya masih terlampau kecil untuk mengimbangi kekuatan jerman. pasukan darat nazi jerman terus merangsak dan mengepung wilayah-wilayah militer polandia. maka dalam tempo 10 hari saja sebanyak dua belas divisi tempur di kutno berhasil diisolasi tentara nazi. polandia mendapat dukungan inggris dan perancis, namun terlambat sebelum akhirnya bertekuk.

dengan peran dan fungsinya inilah, tidak heran, stuka yang muncul dan menggemparkan musuh ini disebut sebagai pembuka jalan dan tulang punggung (backbone) bagi kekuatan darat tentara nazi. jerman makin mendapat angin dan terus melakukan invasi di negara-negara eropa. begitupun dalam penggempuran ke kota rotterdam, belanda (mei 1940), stuka tak jua dapat dibendung. pembom ini adalah monster baru bagi musuh-musuh hitler.

istilah pembom tukik, dimana pesawat melakukan gerakan tukik dan membom (dive and bombing), sebenarnya sudah tercetus dalam masa pd i. bahkan, disebutkan, para perancang jerman sebenarnya mempelajari teknik ini dari angkatan laut amerika yang akhirnya diwujudkan dalam sayembara tahun 1933 dan dimenangkan junkers ju 87 stuka (1935). junkers sendiri sebenarnya mulai mengotak-atik teknik membom tukik ini tahun 1920, yakni dengan mengeluarkan pembom bersayap ganda k-47, yang duabelas buah diantaranya pernah dijual ke cina (1928).

kemampuan menukik dan keluar kembali dari lintasan tukik adalah kelebihan tersendiri dari pembom bersayap camar terbalik (inverted-gull) ju 87. selain untuk mengakuratkan pemboman juga karena mekanisme ini dikendalikan secara otomatis atau auto pilot. penerbangnya hanya men-set altimeter serta sudut tukik yang diinginkan. setelah itu tinggal menurunkan bilah rem (brake) dibawah sayap dan pesawat akan bergerak sendiri.

sejak dibuat tahun 1935 stuka terus mengalami berbagai penyempurnaan dan versi khusus. dari versi anton hingga gustav seperti disinggung di depan (meskipun untuk versi g ini sebenarnya terjadi pergeseran peran dimana kemampuan tukiknya hilang, akibat bilah rem di sayap bawah untuk tukik dihilangkan bagi sempurnanya penempatan pod kanon penghancur tank).

versi lain misalnya adalah stuka model c (clara) yang dibuat untuk mengisi kapal induk graf zeppelin. pembom ini dilengkapi tail hook (pengait tali), sayap lipat (folding wing) dan kemampuan batang roda yang jettisonable (bisa dilepaskan) untuk pendaratan (ditching) di laut. namun versi ini hanya 12 unit saja dibuat, menyusul dihentikan pengembangan kapal induknya. versi lain adalah pembawa bom torpedo yakni ju 87d (meski dalam kenyatannya fungsi pembom torpedo ini masih jauh lebih baik dilaksanakan oleh pesawat berkemampuan terbang lebih cepat dan berkapasitas muatan besar yakni henschel he 11h dan ju 88a). versi jarak jauh ju 87r dengan penambahan kapasitas fuel tank serta versi latih ju 87h.

versi berta dikembangkan dalam beberapa versi lain. misalnya versi trop yang digunakan oleh korp afrika. versi b juga digunakan di front timur oleh negara lain yakni slovakia, rumania, bulgaria, hungaria dan oleh regia aeronautica italia.

selepas versi a penambahan kemampuan senapan ditingkatkan. yakni dengan pemasangan dua senapan mesin rheinmetall mg 17 7,92mm, kanon 20mm mg 151/20 (ju 87d-5, d-8), dan kapasitas bom yang lebih dari satu ton. begitupun dengan penggantian mesinnya agar menambah kecepatan terbang.

namun, bukan berarti stuka tak bisa dilumpuhkan dalam sejarah pertempurannya. hal ini sebenarnya sudah mulai terasa dalam peperangan besar dengan negara tetangga inggris. dalam battle of brittain sebanyak 280 ju 87 diterbangkan untuk menyerang inggris. dalam perang ini meski stuka meraih kemenangan dengan menjatuhkan pesawat tempur raf, namun pada babak-babak berikutnya stuka berguguran. tidak lain hal ini akibat pengepungan yang dilakukan dua pemburu cepat nan tangguh supermarin spitfire dan hawker hurricane. versi b, yang turun dalam peperangan menyeberang selat inggris ini sering diolok-olok sebagai sitting duck (sasaran empuk) di udara bagi pesawat tempur inggris. bayangkan, dalam enam hari peperangan, 60 ju 87 dijatuhkan pihak lawan.

oleh sebab itu, guna menyiasati bergugurannya stuka dalam pertempuran berikutnya yang masuk dalam medan lebih ganas, ju 87 sering dikawal oleh fighter. disamping pada perkembangan berikutnya dibuat pula sebagai pembom malam (night bomber).

dalam battle of kursk (1943-1944) ju 87 pun mulai menemukan petanding yang lebih hebat. tidak lain dia adalah pesawat serang darat il-2 shturmovik. gerak langkah ju 87 yang dikawal bf 109g dan fock-wulf fw 190a dimatikan oleh pesawat tempur taktis lavochkin la-5fn dan yakovlev yak-9 yang bersenjatakan senapan mesin kaliber 12,7 mm 200 peluru dan kanon shvak 20 mm 120 peluru. dalam pertempuran hebat ini, dua pihak memang saling memukul. namun jerman kehilangan pesawat lebih banyak yakni 900 buah dibanding soviet yang kehilangan 600 pesawat. dua ace jerman heinz schmidt (173 kemenangan) dan max stotz (189 kemenangan) juga tamat riwayatnya dalam perang besar ini.

selepas tahun ini, peran pembom tukik ju 87 yang terasa menua akhirnya bergeser menjadi pesawat pendukung dekat (close support) atau schlachtflugzeug, yakni dimulai pada versi d-5. alasannya jelas, mengingat ju 87 tidak bisa terus menerus dikawal fighter.

bahkan, lebih dari itu, akhirnya stuka juga digunakan untuk menarik glider.

ada kemenangan, ada kekalahan. namun dalam pd ii ju 87 stuka tentu adalah fenomena tersendiri. apalagi pembom ini dikenang sebagai pembom legendaris. berkaitan langsung atau tidak, pembom ini disebut-sebut mengilhami pembuatan pesawat serang darat penghancur tank a-10 thunderbolt (warthog) milik as, yang kejayaannya sempat kita saksikan dalam perang teluk 1991.


Tidak ada komentar: